IMPLEMENTASI PRINSIP STRICT LIABILITY (PRINSIP TANGGUNG JAWAB MUTLAK) DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN

Dian Afrilia, Helena Primadianti Sulistyaningrum

Abstract


Dalam hubungan hukum antara seorang pelaku usaha dan seorang konsumen pada umumnya konsumen berada di posisi yang tidak beruntung atau bahkan cenderung selalu dirugikan atas konsumsi dari suatu barang dan/ atau jasa yang telah diproduksi produsen selaku pelaku usaha. Maraknya permasalahan yang terjadi pada masyarakat di Indonesia berkaitan dengan tingkat perlindungan konsumen yang rendah yang disebabkan beberapa faktor seperti ketidaktahuan konsumen atau bahkan konsumen yang kurang mau mempermasalahakan hal yang terjadi pada mereka akibat kecurangan pelaku usaha, membuat konsumen hanya berdiam diri bahkan apatis. Dari latar belakang tersebut sebenarnya bagaimakah upaya perlindungan hukum yang telah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen untuk memberikan kepastian hukum terhadap konsumen. Adanya prinsip tanggung jawab mutlak (strict liability) yang dikenal di bidang hukum apakan mampu diterapkan dalam implemtasi Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Full Text:

PDF

References


BUKU-BUKU

Adrian Sutedi, 2010, Hukum Keuangan Negara, Jakarta: Penerbit Sinar Grafika.

Ahmadi Miru dan Sutarman Yodo, 2004, Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

AZ. Nasution, 1995, Penulisan karya Ilmiah Tentang Perlindungan Konsumen dan Peradilan di Indo-nesia, Jakarta: Badan Pembinaan Hukum Nasional Departemen Kehakiman.

D.Utrecht dan Moh. Saleh Djindang, 1983, Pengantar Dalam Hukum Indonesia, Jakarta: Ichtiar Baru, Jakarta.

Inosentius Samsul, 2004, Perlindungan Konsumen, Jakarta: Universitas Indonesia Fakultas Hukum Pascasarjana.

Gunawan Wijaya, 2003, Hukum Tentang Perlindungan Konsumen, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Joni Emirzon, 2001, Alternatif Penyelesaian Sengketa

di Luar Pengadilan (Negosiasi, Mediasi,

Konsiliasi, Arbitrase), Jakarta: PT RajaGrafindo

Persada.

Ronny Hanitijo, 1984, Penyelesaian Perselisihan

Hubungan Industrial, Jakarta: PT RajaGrafindo

Persada.

Janus Sidabalok, 2006, Hukum Perlindungan

Konsumen di Indonesia, Bandung: PT Citra

Aditya Bakti.

Lalu Husni, 2004, Penyelesaian Perselisihan

Hubungan Industrial Melalui Pengadilan dan di

Luar Pengadilan, Jakarta: PT RajaGrafindo

Persada.

L.J. Van Apeldoorn, 1981, Pengantar Ilmu Hukum,

Jakarta: Pradnya Paramita.

Sudikno Mertokusumo, 2003, Mengenal Hukum,

Yogyakarta: Liberty.

Nieuwenhuis, 1985, Pokok-pokok Hukum Perikatan,

terjemahan Djasadin Saragih, Surabaya: Uni-

versitas Airlangga.

Purwahid Patrick, 1994, Dasar-Dasar Hukum Perikatan (Perikatan yang Lahir dariPerjanjian dan UndangUndang), Bandung: Mandar Maju.

Shidarta, 2004, Hukum Perlindungan Konsumen In-donesia, Jakarta: Grasindo.

Yusuf Sofie, 2003, Penyelesaian Sengketa Konsumen, Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

JURNAL

Yudha Hadian Nur dan Dwi Wahyuniarti Prabowo, 2011, “Penerapan Prinsip Tanggung Jawab Mutlak (Strict Liability) Dalam Rangka Perlindungan Konsumen”, Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, volume 5, nomor 2, h.

KORAN

Sebentar Lagi Konsumen Jadi Raja, Warta Kota,

April 2000.

INTERNET

“Seharusnya UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlin-dungan Konsumen Menerapkan Prinsip Strict Liability”, http://warta17agustus. com/berita-seharusnya-uu-no-8-tahun-1999-tentang-perlindungan-konsumen-menerapkan-prinsip-strict-liability.html #ixzz5078f4ehg, diunduh 1 Agustus.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.